Mengenai Saya

Foto saya
Madiun, Jawa timur, Indonesia
Apa yang anda wariskan untuk masa depan?

Total Tayangan Halaman

Rabu, 04 Juli 2012

Roti Putih & Roti Gandum

Bagi para pelaku diet khususnya di Indonesia, cara diet yang sangat populer adalah dengan mengganti menu makanan penghasil karbohidrat yang biasa kita makan yaitu nasi dengan sumber karbohidrat lain. Salah satu alternatif penggantinya adalah gandum.
Yups, gandum ini memang padanan yang pas untuk pengganti nasi, selain kaya akan serat gandum juga memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Sebenarnya saya juga mengalami masalah berat badan, karena itu saya juga pernah mencoba cara ini... Setiap kali sarapan saya selalu menghindari nasi dan membiasakan diri makan roti. Tapi entah kenapa saya merasa roti masih belum bisa menggantikan peran dari nasi, karena belum sampai waktu makan siang perut saya sudah keroncongan...mungkin benar yang dikatakan orang bahwa perut orang Indonesia kalau belum diisi nasi belum bisa kenyang...hehe

TERNYATA...anggapan saya itu benar-benar salah. Alasan sebenarnya bukan karena perut orang Indonesia-nya, tapi lebih pada pengetahuan saya yang kurang. Maksudnya?? Lah, saya juga bingung...ada sedikit perbedaan yang tidak saya ketahui disini. Ternyata roti putih / roti tawar yang saya gunakan untuk pengganti nasi tadi berbeda dengan Roti Gandum walaupun sama-sama terbuat dari gandum. Nah dari sinilah saya mulai mencari referensi dari berbagai sumber sampai saya bisa menyimpulkan beberapa perbedaan antara Roti Putih dan Roti Gandum.


Roti Putih :

  • Roti putih terbuat dari tepung terigu. Tepung terigu adalah tepung hasil penggilingan biji gandum yang paling  akhir (endosperm).


  • Roti putih cenderung berwana kuning keemasan.

  • Kandungan Serat pada roti putih lebih lebih rendah dari roti gandum.

  • Roti putih mengandung karbohidrat dan energi yang lebih tinggi dari roti gandum.


Roti Gandum :

  • Roti gandum terbuat dari tepung gandum. Tepung gandum merupakan hasil penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, sehingga kandungan seratnya lebih tinggi daripada tepung terigu putih.


  • Roti gandum yang asli adalah roti yang terbuat dari 100 persen tepung gandum. Roti gandum yang berkualitas baik dapat dilihat dari remah yang berwarna gelap dan memiliki butir-butiran cokelat yang berasal dari kulit ari biji gandum. Roti gandum asli juga bisa dilihat dari kulit roti (crust) yang lebih gelap dan kasar.


  • Kandungan serat pada roti gandum hampir enam kali lipat kandungan serat pada roti putih. Selain itu, roti gandum mempunyai kandungan karbohidrat dan energi yang sedikit lebih rendah dibanding roti putih. Hal itu yang menyebabkan roti gandum baik untuk menjaga berat badan ideal dan menu pilihan untuk diet.

Nah, setelah saya sadar dari kekhilafan ini sekarang saya bisa mengatur menu makanan yang benar dan tidak ada alasan lagi "perut orang Indonesia"..hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar